Cara Meningkatkan Trafik Blog Favorit Para Blogger

Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : 12/12/2010 | Rating : 5 | 3 komentar
Cara Meningkatkan Trafik Blog Favorit Para Blogger
Tips Meningkatkan Jumlah Pengunjung Berkali-Kali Lipat

Trafik Blog
Assalammu'alaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Di awal bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah ini, saya akan share beberapa tips dan trik untuk meningkatkan trafik / jumlah pengunjung blog.

Tentu saja trafik sangat penting bagi sebuah blog, ibaratnya sebuah bangunan akan memiliki nilai jual yang tinggi jika berada di lokasi yang strategis dan sering dilewati banyak orang. Nah, jika blog yang Sobat miliki memiliki trafik yang tinggi tentu akan mempengaruhi penghasilan yang di dapatkan dari blog Sobat (jika Sobat menjalankan money blogging). Selain itu, akan sangat disayangkan jika blog Sobat memiliki konten yang berkualitas dan desain yang keren abis tapi gak ada yang melihatnya.

A. Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Gratis

Jika modal yang bisa Sobat alokasikan masih sedikit atau bahkan tidak ada, jangan khawatir! Ada banyak cara yang bisa Sobat gunakan untuk meningkatkan trafik blog Sobat. Walau mungkin tidak akan seefektig cara berbayar, tapi apa salahnya jika Sobat coba?

1.  Rajin-Rajin Blogwalking di Blog / Website yang Bagus dan Relevan

Apa itu blogwalking? Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog / website orang lain, lalu meninggalkan komentar di blog / website tersebut. Dengan melakukan kegiatan blogwalking ini ada beberapa manfaat yang akan kita terima, antara lain: menambah jumlah backlink (berpengaruh untuk hasil pencarian di mesin pencari seperti google), mendatangkan pengunjung melalui link yang kita simpan, menambah pengetahuan (karena mau tidak mau kita harus membaca konten dari blog lain), menambah jaringan pertemanan, dan lain sebagainya.

Saat blogwalking ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah blog yang dituju haruslah berkualitas dan relevan, karena saat ini mesin pencari khususnya google tidak hanya memperhatikan jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog, tapi juga kualitas dan relevansi dari blog yang memberinya backlink. Yang kedua adalah jangan pernah meninggalkan komentar SPAM, karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Sobat sebagai seorang blogger. Berkomentarlah dengan baik, sopan, dan relevan dengan artikel yang dikomentari.

2. Submit Artikel di Situs Social Bookmark

Pada awalnya, situs layanan social bookmark hanya berguna untuk membantu netter (pengguna internet) untuk menyimpan (mem-bookmark) alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Karena situs social bookmark ini dapat menghasilkan backlink, dan situs social bookmark cendrung memiliki pagerank yang tinggi, akhirnya situs layanan social bookmark ini digunaka oleh para webmaster / blogger untuk meningkatkan jumlah backlink. Selain backlink, social bookmark juga bisa mendatangkan pengunjung, karena rata-rata situs social bookmark memiliki desain seperti situs berita.

3. Manfaatkan Situs Social Media dan Forum

Salah satu fenomena yang dapat kita lihat sekarang ini adalah kebanyakan orang tidak bisa lepas barang satu hari pun dari social media dan forum online. Seperti ada sifat candu yang diberikan oleh situs-situs tersebut. Jutaan penduduk dunia dipastikan sudah memiliki akun social media, entah itu digunakan untuk kegiatan berorganisasi, sekedar narsis, untuk bermain game, sampai untuk berbisnis. Tentu saja ini sangat potensial untuk Sobat manfaatkan sebagai peningkat trafik blog. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan trafik adalah Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, LinkedIn, dan Pinterest.Ada pun forum yang ramai penggunanya di Indonesia adalah KasKus, Detik, dan Kompas.

4. Tingkatkan Kualitas SEO

SEO lagi? Ya, karena kalau Sobat mau cari informasi di internet yang pertama kali akan Sobat buka adalah situs mesin pencari seperti google, kan? Karena itu SEO adalah salah satu hal yang penting untuk Sobat terapkan di blog Sobat. Sebagian besar pengunjung blog itu biasanya didatangkan dari mesin pencari. SEO sendiri terdiri dari SEO on page dan SEO off page. SEO on page lebih menekankan kepada struktur template dan struktur konten blog itu sendiri, SEO off page lebih menekankan yang berada di luar blog seperti backlink, author rank, dan sebagainya.

5. Tingkatkan Kualitas Konten dan Buat Judul yang Menarik

Judul akan sangat mempengaruhi pengunjung akan membaca artikel yang Sobat share atau tidak, sedangkan konten akan mempengaruhi pengunjung akan berlama-lama di blog Sobat atau tidak, akan datang lagi atau tidak, dan akan membagikannya atau tidak. Jangan karena kualitas SEO blog Sobat sudah baik, lantas Sobat mengabaikan kualitas konten dari blog Sobat. Bahkan sekarang ini mesin pencari pun sudah lebih pintar dalam membedakan blog yang pantas di beri posisi yang baik atau tidak di hasil pencariannya.

B. Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Berbayar

Waktu adalah uang? Saya lebih setuju bahwa waktu itu lebih berharga daripada uang, karena uang sebanyak apa pun tidak akan mampu membeli waktu yang terbuang. Jika Sobat ingin mendatangkan trafik dengan cepat dan efektif, tentu saja Sobat bisa menggunakan cara-cara berbeyar, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan traffic pengunjung blog secara berbayar:

1. Memasang Iklan Di Situs Media Sosial

Siapa yang tidak kenal facebook dan twitter? Facebook dan twitter adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Di facebook dan twitter Sobat bisa menentukan sendiri target audiens (pembaca iklan) yang sesuai dengan kategoriblog Sobat.Uang yang Sobat gunakan akan sangat efektif.

2. Memasang Iklan PPC

Google, jika Sobat ingin menemukan informasi di internet saya yakin Sobat membuka google. Google adalah mesin pencari terpopuler di dunia khususnya di Indonesia. Google Adwords adalah perusahaan penyelenggara media iklan PPC yang paling terkenal saat ini. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki jaringan pemasang iklan (advertiser) dan pengiklan (publisher) dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Keunggulan dari Google Adwords adalah iklan yang muncul di situs publisher mereka adalah iklan yang sesuai dengan artikel. Tapi Sobat juga harus menentukan keyword dengan baik, tentukan keyword yang paling populer. Untuk mencari keyword yang baik, Sobat bisa menggunakan tools keyword planner dari google. Dijamin trafik blog Sobat langsung melejit naik gak karuan.

3. Memasang Iklan di Situs Iklan Baris Online

Cara selanjutnya adalah memasang iklan di situs iklan baris online. Seperti di koran saja, kita bisa memasang iklan di situs iklan baris yang terbukti banyak pengunjungnya. Salah satu yang saya ketahui adalah situs detik. Cara yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dicoba.

4. Memasang Iklan di Situs / Blog yang Trafiknya Tinggi

Nah, sebenarnya ini jarang dilakukan oleh para blogger. Tapi jika blog Sobat menjual jasa atau barang, cara ini bisa dipakai dan cukup meyakinkan. Namun Sobat juga harus pintar dalam memilih blog / situs yang akan Sobat pasangi iklan disana. Selain itu pastikan juga pemilik blognya dapat dipercara dan identitasnya jelas.

5. Menggunakan Jasa SEO

Kalau yang satu ini berkaitan lagi dengan SEO, tapi kita tidak perlu bekerja sendiri. Sudah banyak jasa SEO yang menawarkan harga yang murah dengan hasil yang memuaskan. Tapi karena saking banyaknya, kita juga harus selektif dalam memilih jasa ini. Cara ini cendrung efektif dan akan berefek jangka panjang, dan blog kita bisa berada di posisi yang bagus bahkan posisi pertama (sesuai kesepakatan) di hasil pencarian dalam jangka waktu yang lama.
Nah, itu dia beberapa cara untuk meningkatkan trafik blog yang biasa digunakan oleh para blogger. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammu'alaikum wr. wb.

Baca Juga :

3 komentar:

  1. Saya sering mempromosikan yang tidak berbayar

    BalasHapus
  2. Ijin mempraktekan ilmunya untuk meningkatkan pengunjung ke blog saya warisanbudayaindonesiaonline.com. Maklum, sejauh ini masih sepi. Terima kasih...

    BalasHapus

  3. kalau teman2 berminat di blog saya ada buku tamu untuk backlink ke blog teman2, bukan backlink tetapi review blog anda sendiri dan menceritakan blog anda kepada blogger lain. tinggal isi dan langsung post silahkan ke blog saya buku tamu

    fungsinya untuk berbagi, walau sikapnya terbuka tetapi saya akan tetap menyeleksi dari blog konten yang dilarang.

    BalasHapus

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Cara Meningkatkan Trafik Blog Favorit Para Blogger
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger