Terlalu Sering Menekan Tombol F5 Adalah Perbuatan yang Merugikan

Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : 4/01/2016 | Rating : 5 | 0 komentar
Jangan Melakukan Sesuatu Hanya Karena Ikut-Ikutan, Bisa Jadi Itu Sebuah Kerugian
Terlalu Sering Menekan Tombol F5 Adalah Perbuatan yang Merugikan

Refresh
Asslammu'alaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Tidak terasa waktu liburan sudah habis saja, pelajaran dan tugas sudah menghampiri di depan mata. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang aktifitas yang sering dilakukan oleh pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi windows, yaitu refresh (Shortcut: F5).

Siapa sih yang gak kenal dengan salah satu fungsi yang bernama Refresh? Hampir semua orang atau bahkan memang semua orang yang menggunakan komputer dengan sistem operasi windows pasti mengenal fungsi ini, tapi sayangnya juga banyak sekali orang yang salah persepsi dengan fungsi yang satu ini. Kegbanyakan orang memahami bahwa fungsi Refresh adalah untuk mempercepat kinerja komputer yang berjalan lambat. Padahal kegunaan dari refresh tersebut hanyalah untuk memperbaharui tampilan dari desktop atau direktori yang dibuka.

Kenapa Desktop Harus di Refresh?

Desktop Refresh
Yang pertama, Sobat harus mengetahui dulu alasan-alasan kenapa desktop harus di refresh. Ada beberapa kondisi yang membuat desktop komputer Sobat harus Sobat refresh, di antaranya adalah:
  1. Yang pertama adalah banyaknya ikon dan file yang berserakan di desktop
  2. Kemudian ukuran wallpaper yang melebihi ukuran display atau tampilan yang didukung oleh monitor komputer Sobat
  3. Yang selanjutnya adalah icon hang atau tidak muncul di dekstop karena cache tidak merespon
Nah, apabila ketiga hal diatas tadi terjadi pada komputer Sobat, Sobat bisa melakukan Restart Komputer atau melakukan Refresh, tentu saja lebih mudah dan lebih cepat melakukan Refresh. Hanya saja, sebaiknya jangan melakukan Refresh menggunakan Tombol F5 berkali-kali, karena akan membuat CPU Usage menjadi tinggi yang akhirnya berdampak pada kerusakan CPU secara perlahan.
Untuk membuktikan teori diatas, Sobat dapat melakukan percobaannya sendiri.
  1. Pertama, Sobat masuk ke Task Manager, tekan "CTRL + Alt + Del", lalu pilih Task Manager. Open Task Manager
  2. Kemudian pilih tab "Performance" lalu perhatikan CPU Usage-nya. Dalam keadaan belum di refresh, CPU Usage Jaka ada 12%. Display Task Manager Before
  3. Sekarang, coba lakukan Refresh berulangkali secara cepat menggunakan Tombol F5 di posisi mouse berada di desktop. Dengan seketika CPU Usage meningkat menjadi besar. Display Task Manager After
Nah, gimana sekarang sudah percaya kan bahwa aktifitas melakukan refresh menggunakan tombol F5 berulang kali bukannya membuat komputer Sobat menjadi cepat, justru bisa merusak komputer Sobat secara perlahan, yang diakibatkan oleh kinerja prosesor yang terlalu berat.

Ok, mungkin hanya ini yang dapat penulis sampaikan, mudah-mudah bermanfaat bagi Sobat blogger. Terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammu'alaikum wr. wb.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Terlalu Sering Menekan Tombol F5 Adalah Perbuatan yang Merugikan
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger