Tips Sukses Bisnis Online - Menghasilkan Harta Berkah dan Melimpah

Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : 1/05/2017 | Rating : 5 | 0 komentar
Tips Sukses Bisnis Online
Menghasilkan Harta Berkah dan Melimpah

Tips Sukses Bisnis Online
Assalammu'alaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Tidak ada bosannya saya mengucapkan terima kasih kepada Sobat yang setia mengunjungi blog ini. Dan kali ini, saya akan membagikan beberapa tips sukses berbisnis online. Tulisan saya kali ini didasari karena banyak teman sekolah maupun oraganisasi yang ingin belajar kepada saya untuk bagaimana caranya menghasilkan uang dari internet.

Sebenarnya sangat mudah memulai dan menjalankan bisnis online, hanya saja untuk sukses memang membutuhkan usaha. Tentu saja usahanya pun tidak boleh asal-asalan, dibutuhkan ilmu baik itu secara teknis ataupun pengalaman dari orang lain.  Dan disini saya akan bagikan beberapa tips agar Sobat bisa sukses dalam menjalankan bisnis online.

1. Miliki Tujuan Mulia, Bukan Sekedar Cari Uang!

Jika tujuan kita berbisnis itu mulia, tentu kita akan menjalaninya dengan ikhlas, tekun, dan senang hati. Banyak orang yang berbisnis hanya mengharapkan uang saja, hingga pada suatu saat uang tidak kunjung didapatkan akhirnya bisnis berhenti dijalankan. Berbeda jika kita menjalankannya dengan niat yang tulus, misalnya ingin membantu orang lain.

Jika niat kita tulus, kita pasti yakin jika kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan walaupun tidak dalam bentuk yang sama atau dari orang yang sama juga. Tuhan itu Maha Adil, Sob! Selain itu jika niat kita untuk kebaikan, apa mungkin Tuhan tidak mau membantu kita? Jika kita membantu meringankan masalah orang lain, maka masalah kita akan diselesaikan dengan pertolongan Tuhan.

2. Berani Mengakui Kesalahan dan Berani Menghadapi Kegagalan

Tidak berani menghadapi kegagalan sebenarnya adalah kegagalan yang sejati, kenapa? Karena Tuhan tidak melarang kita untuk gagal, Tuhan pun memaklumi jika kita berbuat kesalahan. Tapi Tuhan benci kepada orang yang berputus asa pada rahmat-Nya dan kepada orang yang tenggelam didalam kesalahan.

Kalau kata Albert Einstein, "orang yang tidak pernah gagal adalah orang yang tidak pernah melakukan sesuatu yang baru". Jadi kegagalan bukanlah sebuah kesalahan, tapi sebuah kesalahan besar jika kita tidak belajar dari kegagalan. Dan termasuk orang yang merugi jika kita tidak mau memperbaiki kesalahan.
Kesuksesan adalah puncak dari gunung kegagalan dan buah yang sangat manis dari pohon kesabaran.

3. Perluas Jaringan yang Berkualitas

Silaturahmi! Ya, jangan hanya ngurusin bisnis sendiri! Sobat mungkin sering dengar dari para ustadz bahwa silaturahmi itu dapat melapangkan rezeki dan memanjangkan umur. Itu sangat benar sekali. Secara logika, dengan memperbanyak silaturahmi kita bisa mendapatkan banyak ide-ide segar, masukan-masukan, dan ilmu yang bisa bermanfaat bagi kita. Dan siapa tahu mereka mau membeli produk kita (jika kita jualan) dan mempromosikannya kepada orang lain. Karena promosi yang paling murah dan ampuh adalah testimoni dari orang yang sudah dikenal.

Karena itu jika Sobat seorang blogger, sering-seringlah blogwalking, masuk ke grup atau forum blogger. Jangan egois dengan buka lapak sendiri-sendiri, cobalah komentar di post orang lain. Saya suka miris kalau masuk ke grup blogger isinya itu cuman postingan-postingan yang sepi komentar. Saya yakin mereka hanya mempedulikan postingan blognya sendiri, dan postingannya pun diabaikan oleh orang lain yang juga egois (mementingkan diri sendiri). Tentu akan sangat nyaman dan bermanfaat jika kita berbagi secara tulus dan berkomentar dengan baik.

4. Bangun Brand dan Kepercayaan

Ingat, kita ini adalah dunia maya! Jika kita bisa berhati-hati dengan orang yang belum dikenal di dunia nyata, apalagi di dunia nyata? Brand dan kepercayaan bisa didapatkan dengan banyak cara, seperti portofolio, testimoni, identitas yang jelas, serta mudah dihubungi dan dicari.

Ini ada kaitannya juga dengan memiliki banyak jaringan yang berkualitas, kita jadi bisa mendapatkan testimoni yang baik. Tapi ingat, jangan berlebihan dalam membangun branding, yang ada klien malah ilfeel dan memberikan testimoni yang jelek. Branding adalah janji yang wajib ditunaikan.

5. Ketahui dan Berikan Apa yang Klien Inginkan

Ingat, disini kita sedang berbisnis. Saya sering melihat banyak orang yang berbisnis tapi masih mengedepankan ego dan penilaian sendiri. Mungkin kata kita bagus, tapi belum tentu apa kata klien kan?

Tapi sebenarnya setiap orang memiliki keinginan yang hampir sama, orang-orang itu menginginkan sesuatu yang: lebih murah, mudah, eksklusif, variatif, cepat dan responsif, lebih enak, dan tahan lama. Nah, coba deh Sobat kembangkan disana. Dan untuk mengetahui selera klien lebih baik, akan sangat baik jika Sobat menyediakan tempat untuk memberikan komentar atau feedback.

6. Dapatkan Trafik yang Banyak

Bukankah percuma jika kita menjual sesuatu yang berkualitas tapi tidak ada yang mengunjungi untuk sekedar melihat apalagi membelinya? Karena itu trafik sangatlah penting.

Jika didunia nyata kita harus memilih tempat yang strategis, sales door to door, dsb, didunia maya ini lebih banyak lagi cara mendatangkan trafik, tergantung kreatifitas kita. Tapi adapun yang paling populer adalah dengan memaksimalkan SEO, promosi di media sosial, dan iklan. Jika Sobat memiliki produk yang bagus dan modal, jangan ragu untuk menggunakan layanan berbayar, karena pasti modal yang dikeluarkan akan kembali.

7. Buat Headline dan Konten yang Baik

Headline jangan diacuhkan, karena justru itu adalah yang paling penting sebelum kualitas konten atau produk. Headline bisa menentukan klien akan berkunjung atau tidak, akan berlama-lama atau langsung pergi, akan beli atau tidak. Nah, jika headline sudah menarik maka yang selanjutnya adalah konten atau produk. Karena konten atau produk adalah yang menentukan klien akan kembali atau tidak, dan yang pasti sangat mempengaruhi brand.

Nah, baru ini beberapa tips dari saya yang bisa Sobat terapkan agar sukses dalam berbisnis online. Terima kasih banyak atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Tips Sukses Bisnis Online - Menghasilkan Harta Berkah dan Melimpah
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger