Cara Para Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya

Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : 1/05/2017 | Rating : 5 | 5 komentar
Cara Para Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya
 Menciptakan Blog yang Bermanfaat dan Menghasilkan

Monetisasi Blog
Assalammualaikum wr. wb.
Mungkin Sobat merasa bingung dari mana para blogger bisa menghasilkan uang dari blognya. Beberapa teman saya bahkan ada yang mengira kalau saya ini digaji oleh om google, padahal tidak seperti itu. Banyak juga teman saya yang ingin belajar menghasilkan uang dari blog, karena banyak teman saya yang ingin memiliki penghasilan sendiri tapi masih kuliah. Nah, karena itulah disini saya akan share beberapa cara yang digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

1. Menjadi Publisher Iklan PPC (Pay Per Click)

a. Apa Itu PPC?

PPC (Pay Per Click) adalah adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Simpelnya gini, Sob: Sobat punya blog, kemudian Sobat pasang iklan PPC di blog Sobat. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, Sobat mendapatkan komisi. Tapi Sobat tidak boleh mengklik sendiri terus-terusan, karena IP Address Sobat tercatat dan dapat diketahui bahwa Sobat melakukan kecurangan, yang mengakibatkan akun PPC Sobat akan di banned. Jadi buatlah blog yang menarik banyak pengunjung dan membuatnya betah.

b. Beberapa PPC Asing Paling Terpercaya

  1. Google Adsense Most Recomended!!!
  2. BidVertiser

c. Beberapa PPC Lokal Paling Terpercaya

  1. AdsenseCamp
  2. KumpulBlogger
  3. PPCBlogger
    Recomended for Read! : Tips Sukses Bisnis Online

    2. Mengikuti Program Afiliasi

    a. Apa Itu Afiliasi?

    Afiliasi ini mirip sekali dengan PPC, bedanya di afiliasi ini pengunjung bukan hanya harus mengklik iklan yang Sobat pasang, tapi juga harus sampai melakukan transaksi. Jadi kalau ada pengunjung yang beli produk yang diiklankan di blog Sobat, Sobat akan mendapatkan komisi. Enak PPC dong? PPC dan afiliasi punya kelebihan masing-masing. PPC memang lebih mudah dalam menghasilkan uang, tapi komisi yang diberikan oleh program afiliasi jauh lebih besar. Untuk memperbesar konversi (persentase pengunjung yang menjadi pembeli), Sobat harus memperhatikan kualitas konten dan kepercayaan pelanggan. Disini Sobat juga perlu keahlian copywriting. Memang butuh usaha lebih, tapi jika sudah sukses hasil yang akan Sobat terima akan sangaaaaaaat memuaskan, bahkan Sobat diam saja blog bisa tetap menghasilkan uang.

    b. Beberapa Program Afiliasi Lokal Paling Terpercaya

    1. Afiliasi Jejualan 
    2. Afiliasi Lazada
    3. Afiliasi Laku.com

    c. Beberapa Program Affiliasi Asing Paling Terpercaya

    1. Amazon Associates
    2. Commission Junction

    3. Mengikuti Kontes SEO / Blog Review

    Kalau Sobat merasa sudah expert dalam dunia blogging, blog Sobat sudah menjadi langganan peringkat pertama di mesin pencarian, Sobat wajib ikut kontes SEO atau blog review. Disini Sobat akan mengetahui seberapa lihai Sobat dalam mengelola blog, selain itu jika Sobat menang hadiah yang diberikan pun biasanya sangat besar sampai puluhan juta rupiah. Apa bedanya antara kontes seo dengan blog review? Kontes seo lebih menekankan ke posisi blog dengan keyword tertentu di mesin pencari, sedangkan blog review lebih menekankan ke kualitas tulisan Sobat.

    4. Menjual Spot Iklan Mandiri

    Kalau Sobat suka lihat iklan-iklan yang ada dikoran, seperti itulah kira-kira maksud dari spot iklan mandiri disini. Jika pengunjung blog Sobat sudah mencapai ribuan perhari, Sobat bisa menawarkan spot iklan di blog Sobat. Ini merupakan cara paling simpel dan tradisional, tapi untuk sukses disini Sobat harus berusaha keras karena jumlah pengunjung akan sangat berpengaruh terhadap minat advertiser (pemasang iklan).

    5. Mengikuti Program PPD (Pay Per Download)

    Layanan Pay Per Download akan membayar para publisher-nya jika ada yang men-download file yang kita upload. Mudah banget kan? Contoh: Kita upload file (umpamanya mp3) > kita promosikan link download mp3 tadi di blog kita > ada yang download file tersebut > kita akan mendapatkan komisi. Komisi yang dihasilkan tidak seberapa untuk PPD ini, tapi karena peminat download di internet sangat banyak, PPD ini tentu sangat potensial jika dijalani dengan tekun. Adapun layanan PPD yang saya ketahui dan terpercaya adalah TusFiles. Bagi yang ingin mencoba silahkan, silahkan lakukan pendaftaran disini.

    6. Menjual Jasa Keahlian / Produk Sobat Sendiri

    Kalo yang ini sudah sangat jelas. Intinya Sobat menjadikan blog sebagai sarana membangun kepercayaan pelanggan dan sebagai sarana berjualan, baik produk berupa barang maupun jasa (misalnya saya yang menjadi freelance photographer). Hal yang harus diperhatikan disini adalah Sobat sebisa mungkin harus mendatangkan banyak pengunjung dan membuat mereka betah dan percaya kepada agan, karena kepercayaan adalah yang paling utama. Istilah konten adalah raja sangat berlaku disini. Beberapa jasa yang bisa Sobat coba: jasa SEO, jasa desain, jasa pembuatan artikel, jasa penerjemahan artikel, dan masih banyak yang lainnya.

    7. Menjadi Publisher AdFly

    Siapa yang gak pernah melakukan aktifitas download di internet? Hampir dipastikan Sobat pasti pernah mendownload baik itu software, mp3, ataupun film di internet. Apa Sobat pernah diharuskan menunggu 5 detik hingga keluar tombol SKIP untuk melanjutkan? Hampir pasti juga Sobat pernah mengalaminya. Mungkin Sobat pernah bertanya, "ngapain sih share link download pake harus lewat AdFly segala?" , jawabannya adalah karena AdFly ngasih uang ke orang yang nge-share itu link tiap ada yang ngeklik link tersebut. Masih bingung? Untuk AdFly, saya telah menyediakan postingan khusus bin spesial. Silahkan kunjungi post saya berikut ini: Cara Mendapatkan Uang dari Blog Gratis dengan AdF.ly
    Nah, itu dia beberapa program yang umum dilakukan oleh para blogger untuk menghasilkan uang dari aktifitas blogging-nya. Perlu diketahui bahwa penghasilan yang akan Sobat dapatkan, sangat bergantung kepada trafik (jumlah pengunjung) dan kualitas konten yang Sobat miliki. Untuk meningkatkan trafik cara yang paling umum dilakukan oleh para blogger adalah dengan melakukan optimasi SEO, Sobat mencari tutorialnya karena sudah banyak blog yang membahas tentang SEO ini. Untuk kualitas konten, tentu saja Sobat tahu mana konten yang berkualitas mana yang tidak. Tapi yang paling penting dari semua itu, untuk dapat sukses dalam bisnis apa pun termasuk bisnis online Sobat harus "Tekun, Sabar, dan Istiqomah".
    Ok, akhirnya berakhir sudah postingan saya kali ini, mudah-mudahan tips untuk mendulang uang dari blog ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
    Wassalammualaikum wr. wb.


    Baca Juga :

    5 komentar:

    1. tambahin kliksaya, untuk ppc lokal.
      hrheheheh

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah saya baru tahu nih, thanks ya gan buat sarannya :)

        Hapus
    2. ada yang kurang tuh, para blogger mengasilkan uang dari jasa yang mereka buat sendiri, contoh jasa redesign template, jasa design template, jasa pembuatan blog, jasa seo, dll..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ada di point ke enam, Sob. Cuman memang gak dijelaskan secara detail jasanya apa aja. Thanks buat masukannya :)

        Hapus
      2. keren banget gan. ane lagi jlan build blog..

        Hapus

     
    NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
    Support : Cara Para Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya
    Template Modified by Septia Mujizat
    Proudly Powered by Blogger