Tidak Ingin Meninggal Saat Mudik? Inilah Cara Berkendara yang Sehat dan Nyaman

Diposkan Oleh : Septia Mujizat | Pada : 8/17/2008 | Rating : 5 | 4 komentar
Tidak Ingin Meninggal Saat Mudik? Inilah Cara Berkendara yang Sehat dan Nyaman

Beberapa waktu lalu rakyat Indonesia terutama pecinta otomotif digemparkan dengan berita kematian pemudik, tentu hal ini menyebabkan kekhawatiran kepada seluruh rakyat Indonesia. Siapa pula yang menginginkan hal serupa terjadi kepada diri dan keluarganya? Namun apa artinya kekhawatiran tanpa pembelajaran, dan apa artinya pelajaran tanpa penerapan? Karena itu, dalam blog ini saya akan membagikan tips yang bisa Anda terapkan agar dapat berkendara dengan sehat dan nyaman, sehingga terhindar dari kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.
Tips Sehat Berkendara
Source: http://www.rentalmobildisemarang.net/2015/08/tips-sehat-berkendara.html
Sebenarnya tidak banyak hal yang perlu Anda perhatikan, hanya seringkali karena hal yang tidak banyak itu sering diremehkan sehingga menyebabkan bencana. Ada pepatah yang selalu saya ingat sampai sekarang, mungkin pepatah ini juga akan sangat berharga bagi Anda dalam hal apapun.
Terkadang seseorang gagal bukan karena tidak bisa menghancurkan batu besar yang menghadang, tapi karena meremehkan batu-batu kecil yang akhirnya menjatuhkan.
Semua orang ingin menjadi superman, padahal dunia hanya butuh gentleman. Gentleman bukanlah orang yang memiliki otot besar, kuat, atau apapun yang berhubungan dengan maskulinitas, tapi gentleman adalah orang yang senantiasa memperhatikan hal-hal kecil, seperti kesehatan, kebersihan, kesopanan, senyum, ucapan salam dan terima kasih, dan sebagainya, termasuk kesehatan dan kenyamanan dalam berkendara. Seorang gentleman akan sangat memperhatikan kenyamanan keluarganya bukan?

1. Pastikan kondisi kendaraan sedang prima sebelum digunakan

Tentunya Anda lebih mengetahui apa yang kendaraan Anda butuhkan, apalagi jika Anda pecinta otomotif. Jika perlu, service kendaraan Anda sebelum berkendaraan jauh. Uang yang Anda keluarkan tidak seberapa jika dibandingkan dengan kesehatan dan kenyamanan saat berkendara. Bukankah gentleman selalu mengusahakan agar keluarganya sehat dan nyaman? Pastikan juga Anda membawa cadangan dan peralatan untuk mengganti ban.

2. Bawalah muatan sesuai kapasitas kendaraan

Saya selalu risih melihat pengendara yang membawa muatan melebihi kapasitas kendaraannya. Kapasitas bukan hanya soal tempat yang tersedia, ingat juga bahwa mesin, rem, dan ventilasi udara sebuah kendaraan dirancang untuk memenuhi kebutuhan sesuai kapasitas kendaraan. Apa jadinya jika di dalam mobil Anda karbondioksida lebih banyak dari oksigen yang dibutuhkan?

3. Posisi tubuh yang baik 

Posisi tubuh saat berkendara pastinya mempengaruhi keadaan Anda saat menyetir dan juga kesehatan anda kedepannya. Posisi tubuh yang tidak baik dapat menyebabkan Anda mengantuk dan hilang konsentrasi, dalam jangka panjang jika dilakukan terus-menerus tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Silahkan Anda lihat aturan atau panduan posisi tubuh yang baik saat menyetir pada gambar dibawah ini.
Berkendara dengan Sehat dan Nyaman
Source: http://tagsecond.com/tag/menyetir

4. Pola makan yang baik

Makan sedikit tetapi sering merupakan ide yang cerdas. Makan terlalu banyak akan menyebabkan Anda mengantuk dan mengganggu perjalanan, namun tidak makan sama sekali juga merupakan ide yang buruk. Tekanan yang Anda terima saat berkendara dapat menyebabkan stress yang bisa menguras energi Anda cukup banyak, apalagi melihat kondisi lalu lintas kita saat ini yang belum cukup dewasa.

Suplemen juga merupakan ide yang bagus bahkan disarankan. Saat berkendara taruhannya adalah nyawa, maka konsentrasi adalah hal yang penting saat berkendara. Perlu Anda ketahui bahwa hanya sebagian kecil kecelakaan yang terjadi akibat kesalahan kendaraan seperti rem blong dan yang lainnya, sebagian besarnya terjadi atas kesalahan manusia. Tebak penyebab utamanya apa? Ya betul, mengantuk dan kurang konsentrasi.

5. Istirahat yang cukup

Dalam hal apapun istirahat selalu masuk kepada bagian terpenting. Mungkin kebanyakkan pengendara akan berpikir jika terlalu banyak istirahat maka akan banyak waktu yang terbuang. Pilih mana antara waktu yang terbuang atau nyawa yang terbuang? Waktu memanglah sesuatu yang sangat berharga bahkan tak bisa dinilai oleh uang, tapi kesempatan hidup bukankah lebih berharga lagi?

Disini saya sarankan setidaknya dua jam sekali Anda istirahat saat kondisi lalu lintas cukup lancar dan setidaknya satu jam sekali saat kondisi lalu lintas sedang macet. Akan ada lebih banyak kesan dan pengalaman yang Anda dapatkan ketika beristirahat ketimbang saat Anda berkendara, bahkan mungkin juga lebih berkesan dengan saat Anda berada di tujuan.

6. Pastikan Anda menghirup udara yang sehat

Selain makan, minum, tidur / istirahat, dan buang air, apalagi yang manusia butuhkan secara biologis untuk bisa hidup? Yap betul, udara! Jika Anda pengguna mobil, sangat penting untuk menggunakan cabin air filter. Tentu Anda tidak mau udara kotor seperti debu, asap rokok, asap kendaraan, dan polusi udara lainnya merusak paru-paru Anda dan keluarga Anda. Dalam agama kita mengenal ada istilah wajib dan haram, tubuh kita pun memiliki aturan tentang sesuatu yang wajib dan haram untuk masuk ke dalam tubuh kita. Racun tidak hanya terdapat pada makanan atau minuman, tapi juga udara.

7. Dewasa dalam berkendara


Setelah itu, semuanya tergantung kedewasaan Anda saat berkendara. Suka atau tidak, keselamatan jauh lebih berharga daripada ego. Akan sangat baik jika Anda mentaati semua aturan saat berkendara dan melaju dengan kecepatan yang pas. Ingat, pas! Tenang tapi bukan nyantai, boleh cepat tapi jangan tergesa-gesa. Jika Anda melaju terlalu lambat juga dapat mengakibatkan masalah, mungkin ada kendaraan lain yang menabrak Anda dari belakang, mungkin juga menghalangi orang lain yang sedang buru-buru, dan kemungkinan-kemungkinan lainnya yang dapat membawa bencana. Jadi, bijaklah dalam menentukan pilihan.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar bisa berkendara dengan sehat dan nyaman. Sekarang Anda yang menentukan untuk menerapkannya atau tidak. Saya sudah menyampaikan amanah, “sampaikanlah walau hanya satu ayat”, tapi yang bisa menentukan hidup Anda adalah Anda sendiri. Mudah-mudahan Anda juga bisa memenuhi amanat sebagai gentleman untuk menjaga dan membahagiakan keluarga Anda. Salam otomotif!

Baca Juga :

4 komentar:

  1. Pengendara jaman sekarang banyak yg lebay ugal-ugalan ga karuan membahayakan pengendara lain, tak terkecuali para pemudik juga biasanya begitu...

    BalasHapus

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Tidak Ingin Meninggal Saat Mudik? Inilah Cara Berkendara yang Sehat dan Nyaman
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger