Pantai Ujung Genteng Sukabumi - Salah Satu Pantai Indah Jawa Barat

Diposkan Oleh : Ucup | Pada : 1/03/2018 | Rating : 5 | 0 comments
Pantai Ujung Genteng Sukabumi - Salah Satu Pantai Indah Jawa Barat

A. Sekilas Tentang Pantai Ujung Genteng

Sunrise
Sunrise - Pantai Ujung Genteng Sukabumi
Pantai Ujung Genteng adalah daerah pesisir pantai selatan jawa barat yang masuk dalam wilayah pemerintahan kabupaten Sukabumi yang terletak di semenanjung barat daya pulau jawa dan berbatasan langsung dengan samudra hindia. Salah satu surga tersembunyi di jawa barat ini ini terkenal dengan air laut yang jernih. Letaknya lebih kurang 200 km dari kota Jakarta. Pekerjaan sebagian penduduknya adalah nelayan dan petani. Sebagian warga masyarakat pantai ujung genteng lain memproduksi gula kelapa.

Nama ujung genteng berasal dari ujung genting. Penamaan ini didasarkan pada ujung ujung genting yang berada di ujung salah satu sudut pulau di jawa barat yang berbentuk gunting. Bagian ujung gunting bawah disebut ujung genteng, sedangkan di ujung genteng atas berada di ujung kulon.

B. Pesona Keindahan Pantai Ujung Genteng

Perjalanan menuju kesana cukup terjal dan membutuhkan waktu yang cukup lama, meskipun relatif lama karena perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan, namun perjalanan itu akan terasa ringan dan cepat mengingat sepanjang jalan disuguhi keindahan alam yang sangat luar biasa. Pesisir pantai pelabuhan ratu sangat terlihat jelas dari atas bukit bagbagan. Begitu juga perkebunan teh Surangga dan perkebunan kelapa yang berhamparan dan adannya sapi sapi yang di rawat.

Sunset maupun sunrise disana sangatlah indah. Selain keindahannya, pantai ini pun masih sepi dan bersih, penduduk disana pun cukup ramah kepada pengunjung. Disana terdapat setidaknya tiga jenis pantai dalam jarak yang cukup berdekatan. Ada pantai pasir yang langsung menuju laut lepas, biasanya digunakan oleh para nelayan untuk berlabuh, banyak juga pengunjung yang bermain disana. Ada pantai yang dangkal dan setelah beberapa meter air dengan dasar pasir terdapat banyak batu karang, biasanya dipakai oleh para pengunjung terutama anak kecil untuk bermain, karena tidak langsung ke laut lepas. Anda bisa melihat sunset yang indah disana.

Sunset
Sunset - Pantai Ujung Genteng Sukabumi
Di wisata alam jawa barat pantai ujung Genteng ini pun anda bisa melihat penangkaran penyu penyu hijau (Chelonia mydas), namun Anda perlu menempuh perjalanan lagi untuk dapat ke lokasi tersebut. Tempat ini dibuka untuk umum pada pagi dan siang hari, namun di jaga ketat oleh petugas kementrian kelautan dan perikanan di malam hari. Saat malam hari penyu penyu itu bertelur yang dihasilkan mencapai 100 butir dan segera di lindungi oleh petugas, menggali lubang untuk tempat telurnya dan menutup agar terlindungi dari binatang buas. Bayi penyu yang sudah menetas di kembalikan ke pantai pangumbahan. Anda juga bisa menyentuh penyu tersebut, dan menikmati keindahn sunset pada sore hari.

Pemandangan Sunrise
Sunrise - Pantai Ujung Genteng Sukabumi

C. Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Jika Anda menuju ujung genteng menggunakan kendaraan umum, tujuan pertama adalah terminal sukabumi dan carilah angkutan umum tujuan Terminal Lembur Situ, setelah itu anda bisa menggunakan bus atau elf jurusan Surade, sesampai Surade anda bisa naik angkot warna merah jurusan Genteng.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari sukabumi menuju ujung genteng yang di tempuh selama 3-4 jam perjalanan. Tentu jika menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah karena Anda dapat menggunakan aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps atau yang lainnya. Disarankan untuk tidak melakukan perjalanan menuju Ujung Genteng pada waktu malam hari, dikarenakan jalan yang dilalui masih sangat kurang penerangan, ditambah lagi Anda akan melewati beberapa daerah yang masih rawan terjadi perampokan di jalan atau pembegalan.

TERMINAL LEMBUR SITU > SURADE > GENTENG

D. Fasilitas di Pantai Ujung Genteng

Untuk pantai yang sangat menawan, fasilitas jalan menuju pantai ujung genteng juga masih sangat memperhatinkan. Bayangkan saja, pantai dengan potensi seindah itu masih memiliki akses jalan yang berlubang dan sempit. Tiket masuk ke pantai masih terbilang murah, hanya sekitar Rp. 10.000,- permotor. Disana pun terdapat banyak penginapan yang murah dan cukup nyaman bagi saya, karena fasilitas dan layanan yang diberikannya pun cukup lengkap dan baik. Air bersih pun mudah untuk didapatkan. Anda juga dapat membeli ikan segar di pagi hari, karena di Ujung Genteng terdapat pasar pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan disana. Jika Anda ingin berbelanja, Anda tidak perlu khawatir karena disana pun terdapat banyak toko dan warung yang cukup lengkap dan masih terbilang murah untuk sebuah daerah wisata.

Pemandangan
Pemandangan - Pantai Ujung Genteng Sukabumi
 Perlu di jetahui juga Pantai ujung genteng juga berdekatan pantai pantai yang indah dan masih alami yang memiliki keindahan tersendiri. Di dekat pantai ujung genteng juga terdpat pantai lain yang indah dan potensial adalah Pantai kelapa doyong (kelapa condong), Pantai batununggal dan pantai ombak tujuh tempat surfing kelas dunia. Pantai pengumbahan yang terkenal sebagai tempat bertelurnya penyu hijau, Pantai batu keris, Pantai akuarium, belum lagi sungai muara, air terjun, perkebunan, tempat pelelangan ikan, dan masih banyak lagi.

Ombak
Ombak - Pantai Ujung Genteng Sukabumi
Wisata pantai Ujung genteng merupakan daya Tarik utama dan juga pusat pelayanan bagi wisatawan yang datang, Fasilitas umumnya terdapat penginapan murah , rumah makan yang menyediakan menu seafood, warung, toko kelontong, toilet,musolla, area parkir yang luas dan aman. Di sektar pantai ini terdapat penginapan murah dan homestay murah yang bersih dan dengan harga yang terjangkau harganya dengan kisaran Rp 60.000 – Rp 150.000 / kamar, wisatawan sudah dapat menginap di tempat yang bersih dan nyaman.

.: Semoga Bermanfaat :.

Baca Juga :

0 comments:

Post a Comment

 
NetXZ - Berbagi Tanpa Batas : About | Advertise | Sitemap
Support : Pantai Ujung Genteng Sukabumi - Salah Satu Pantai Indah Jawa Barat
Template Modified by Septia Mujizat
Proudly Powered by Blogger